Dead Rising Deluxe Remaster: Menghidupkan Kembali Klasik Zombie dengan Sentuhan Baru

 

Dead Rising Deluxe Remaster Reanimates

Perubahan pada kualitas hidup dan opsi aksesibilitas dalam remaster Dead Rising sangat disambut baik, meskipun beberapa kekurangan dari game aslinya masih ada.

Gaming Gacor — DRDR

Ketika Dead Rising Deluxe Remaster (DRDR) pertama kali diumumkan, saya sedikit bingung — meskipun namanya mengisyaratkan itu adalah remaster — saya sulit menentukan apakah harus menganggapnya sebagai remaster atau remake. Batas antara keduanya semakin kabur dalam beberapa tahun terakhir, seperti yang terjadi pada Crash Bandicoot N. Sane Trilogy dan The Last of Us Part I yang disebut remake, meskipun lebih terasa seperti lapisan cat baru yang mewah.

Setelah beberapa jam bermain DRDR, sekarang saya tahu bahwa proyek ini mirip dengan kedua contoh tersebut. Ini sangat setia pada versi aslinya dalam banyak hal, dengan tambahan perbaikan kualitas hidup yang bagus, namun juga masih menyimpan kekurangan game aslinya. Namun, ketika saya memainkannya, saya merasa game ini tetap menjadi sebuah klasik yang tidak sempurna.

Bagi yang baru mengenal seri ini, Dead Rising pada dasarnya adalah interpretasi Capcom yang lucu dan gelap dari film legendaris karya Romero, Dawn of the Dead, di mana para penyintas manusia terjebak di mal yang dipenuhi zombie. Untuk pertama kalinya, Dead Rising Deluxe Remaster membawa seri ini ke RE Engine milik Capcom, yang menampilkan beberapa warna cerah game ini dalam nuansa yang hampir sepia, mirip dengan Resident Evil 7.

Namun, ini tidak berarti game ini kehilangan kekonyolannya seperti yang terjadi pada Dead Rising 3; ini tetap terasa seperti Dead Rising yang kita kenal, dengan tempat-tempat seperti toko mainan dan bioskop di dalam Willamette Mall ikonik tetap seaneh dan semenarik sebelumnya. Lompatan grafis dibandingkan dengan remaster setengah hati dari tahun 2016 pun sangat jelas, dan bagi yang belum pernah mencoba game ini, saya tidak berharap perubahan pada palet warnanya akan cukup mengurangi kesan bahwa ini adalah versi terbaik dari game tersebut.

Meskipun sudah bertahun-tahun tidak memainkan Dead Rising versi asli, saya masih mengingat tata letak mal tersebut sejelas saya mengingat pusat perbelanjaan lokal yang sering saya kunjungi saat berusia 17 tahun. Setiap toko, setiap air mancur, bahkan lokasi senjata-senjata tertentu, seperti katana tersembunyi yang menjadi pilihan serangan jarak dekat yang sangat berguna di awal permainan, semuanya masih ada. Jika Anda memiliki ingatan mendetail yang sama tentang game tahun 2006 ini, atau jika Anda menemukan panduan dari era tersebut, Anda akan melihat bahwa setidaknya dalam lima jam pertama permainan, semuanya tetap seperti yang ditinggalkan oleh Capcom.

Barang-barang penyembuh yang sangat berguna sebelumnya, seperti sebotol besar krimer kopi yang Frank West minum secara kartun di ruang aman, kembali menjadi penyelamat besar. Para penjahat over-the-top dari game ini pun kembali, seperti Adam the Clown dengan mini-chainsaw yang bisa memecah game. Menjelajahi mal sebagai Frank yang berotot besar, berlomba melawan misi yang selalu bergerak maju dengan iringan musik latar mal yang tak lagi pas untuk kiamat zombie, dan menendang zombie hingga jatuh, masih terasa sama menyenangkannya di tahun 2024 seperti pertama kali ketika game ini membuat saya membeli Xbox 360 hampir 20 tahun yang lalu.

Namun, karena ini adalah remaster, bukan remake sejati, beberapa masalah lama dari game ini juga kembali. Salah satunya adalah perilaku NPC yang dapat Anda selamatkan dalam jumlah banyak. Saya pernah menulis bahwa ini adalah kekhawatiran terbesar saya untuk proyek ini, dan meskipun perilaku NPC sedikit berubah — sekarang mereka memiliki senjata dan item penyembuh favorit yang memungkinkan mereka lebih mandiri — perubahan ini tidak sepenuhnya menghilangkan masalah lama bahwa misi pengawalan tetap merepotkan.

Saya kehilangan beberapa penyintas di halaman mal ketika para napi yang menjengkelkan dalam Humvee muncul, seperti dulu. Meskipun para sekutu saya dilengkapi dengan senjata favorit mereka dan mampu menghadapi zombie dengan cukup baik (mereka tidak terlalu sering tertangkap seperti yang saya ingat di tahun 2006), mereka tetap tidak bisa banyak membantu saya melawan para kriminal dengan mini-gun mereka, dan halaman itu pun segera menjadi kuburan bagi sekutu saya.

Kematian mereka terasa tidak adil; saya sudah berusaha sebaik mungkin melindungi mereka, namun pada akhirnya mereka tetap tidak cocok untuk bertahan hidup, seperti dalam game aslinya. Menyelamatkan penyintas menjadi proses yang lebih menyenangkan di game Dead Rising berikutnya, ketika perilaku NPC menjadi lebih canggih. Oleh karena itu, dalam satu aspek ini, DRDR tampaknya kembali ke versi terburuk dari pengalaman NPC.

Namun, game ini tidak kekurangan perubahan kualitas hidup yang membuat pertemuan seperti ini, dan game secara keseluruhan, menjadi lebih baik. Beberapa fitur baru termasuk auto-save, opsi untuk mempercepat waktu, meteran daya tahan senjata, kemampuan untuk menembak dan bergerak secara bersamaan, serta kompas di layar yang memandu Anda ke misi utama maupun sampingan. Saya bahkan merasa bahwa para napi tidak lagi sekuat sebelumnya, meskipun sulit untuk memastikan apakah ini karena saya lebih mahir bermain game sekarang dibandingkan pada tahun 2006 — menonton video YouTube tentang pertarungan bos ini tidak memberikan kejelasan, karena pada masa itu bos tidak memiliki bar kesehatan.

Meskipun saya berharap game ini bisa mengatasi masalah NPC yang mencolok, saya tetap sangat bersemangat untuk bermain Dead Rising lagi. Lebih dari sekadar memperhatikan kekurangannya yang masih ada atau memperbaikan yang sudah dilakukan, kesan utama saya dengan Dead Rising Deluxe Remaster adalah bahwa game ini semakin mengukuhkan dirinya sebagai sebuah klasik sejati, dengan segala kelebihan dan kekurangannya.

Menjelajahi mal yang dipenuhi zombie sambil berdandan seperti Mega Man dengan gitar di tangan dan tiga galon jus jeruk di saku ternyata tetap menyenangkan. Saya pernah bersumpah tidak akan kembali ke Dead Rising asli karena hal-hal seperti timer misi yang ketat, NPC yang tidak berdaya, dan pertarungan yang agak kaku. Namun, setelah memainkan remaster ini, saya menemukan bahwa saya ternyata telah melunak terhadap beberapa masalah game tersebut seiring waktu, sama seperti game ini yang juga memperbaiki beberapa di antaranya. Dead Rising Deluxe Remaster mungkin bukan solusi sempurna untuk semua kekurangan dari game aslinya, tetapi tampaknya berhasil mengurangi banyak dari masalah tersebut.

Gaming Gacor — akan membagikan ulasan lengkap Dead Rising Deluxe Remaster beberapa minggu ke depan sebelum peluncuran digital pada 19 September, dengan rilis fisik yang menyusul pada 8 November.

Komentar

Postingan Populer